RSS

About

check me! I won't bite you :) xx

Pages

Resensi Album: Begin (David Archuleta)



Assalamualaikum wr.wb


Femil's back! Apa kabar kalian semuaaaa? pada merindukan Femil kah? Ok, setelah hiatus yang cukup panjang ini, akhirnya aku bisa kembali posting di blog-ku tercinta ini *niup terompet* \ :D /

Ok, pada kesempatan kali ini, aku bakal nge-post mengenai album terbarunya my sweet boy forever  ~mwehehehe~ yap, dia adalah David Archuleta, seorang penyanyi (yang super duper kece badai tingkat internasional *ignore this*) kelahiran Miami, Florida, Amerika Serikat, pada tanggal 28 Desember 1990. Ia juga merupakan runner-up pada ajang American Idol musim ketujuh di tahun 2008. Ya udah, untuk mempersingkat waktu, langsung saja kita lihat bersama-sama resensi albumnya. Here we go!


Gambar cover album Begin


Judul album               : Begin 
Artis                            : David Archuleta
Tanggal dirilis            : 7 Agustus 2012
Genre                          : Pop
Durasi                         : 45:01
Label                          : Highway Records
Harga                         : Rp 85.000



David Archuleta dikaruniai suara yang sangat istimewa. Siapa pun pasti tak membantah. Setidaknya jutaan orang memilih dirinya dalam ajang American Idol musim ketujuh di tahun 2008. Meski hanya keluar sebagai runner-up, namun itu sudah menjadi bukti yang cukup. Setelah itu, Archie (demikian ia akrab dipanggil), telah melahirkan empat buah album, yaitu: David Archuleta (2008), Christmas from the Heart (2009), The Other Side of Down (2010) dan Forevermore (2012). Meski lumayan sukses, namun banyak yang menyayangkan karena album-album tersebut tidak benar-benar mengekstraksi kekuatan vokal Archie yang sebenarnya. Namun kini ia hadir dengan album terbarunya yang bertajuk Begin yang percayalah, akan mengembalikan kepercayaan kita pada vokal juara Archie.

Memang, album yang memiliki amunisi 10 buah lagu ini, terdiri dari sembilan lagu lawas yang dinyanyi ulang, dan satu lagu yang diciptakan sendiri. Namun dengan pemilihan lagu yang istimewa, jelas Archie dapat dengan lebih leluasa bernyanyi dengan kemampuan terbaiknya. Tampaknya ini merupakan sebuah kado istimewa bagi para penggemarnya karena setelah ini Archie akan melakukan hiatus sepanjang dua tahun untuk terlibat dalam kegiatan keagamaan.

Lagu-lagu yang terdapat di dalam album Begin ini adalah lagu-lagu yang cukup populer dan banyak dikenal oleh banyak orang, sehingga para pendengar akan lebih mudah terasosiasi dengannya. Sekarang tergantung kepada Archie, apakah ia mampu mengadaptasi lagu tersebut dengan baik atau tidak. Dibuka dengan Beautiful yang dulu dipopulerkan oleh penyaynyi Christina Aguilera, tampaknya Archie sukses menjawab tantangan tersebut. Dengan penghayatan yang prima, Archie berhasil menghantarkan pesan moral lagunya dengan gemilang dan membuat kita merinding saat ia mendengarkannya bernyanyi.

Kesuksesan tersebut berlanjut dalam lagu kedua, Somewhere Only We Know milik grup musik Keane. Meski tetap hadir dalam koridor pop-rock alternative, namun Archie sukses menjawab tantangan dengan tetap menghadirkan ciri khasnya yang bernyani dengan penuh perasaan dan emosionil serta menyentuh. Tidak heran kita seolah-olah tertarik untuk turut bernyanyi dengan dirinya.

Sementara itu kesan megah yang sendu dapat kita rasakan dalam lagu Everybody Hurts milik R.E.M. grup musik asal Athens, Georgia, Amerika Serikat. Teknik bernyanyi Archie memang patut diberi kredit lebih, karena mampu mengajak para pendengar untuk terbawa secara emosi di dalam lagu ini. Hal yang sama dapat disimak dalam lagu Angel milik Sarah McLachlan. Lagu-lagu dengan instrumen minimalis dan fokus pada vokal tampaknya bukan hal yang sulit untuk ditaklukan oleh Archie. Angel dan Everybody Hurts pastinya akan membuat para pendengar akan tersentuh hatinya saat mendengarkan.

Satu-satunya lagu duet di album ini adalah Don’t Give Up yang dulunya dinyanyikan oleh Peter Gabriel dan Kate Bush. Maka dalam album Begin, Archie mengajak penyanyi muda berbakat bernama Libbie Linton untuk membantunya. Lagu pop-folk ini memang terdengar sangat pas dibawakan oleh Libbie, yang tampaknya memang “beraura” folkie dan cukup membanting vokal penuh perasaan Archie, yang terdengar seperti bernyanyi di ruang karaoke. Namun, terlepas dari itu, duet mereka cukup padu dalam membawakan lagunya.

Sebuah lagu lawas yang kini sudah dapat dianggap klasik, Bridge over Troubled Water, milik duo Simon & Garfunkel, menjadi bonus istimewa yang jangan sampai dilewatkan. Ditambah lagi dengan hits klasik lainnya, True Color milik Cyndi Lauper, menjadikan album ini terasa semakin kaya dan bergizi saja. Oh ya, Archie pun tak terlupa untuk tampil nge-rock dalam salah lagu populer milik grup musik U2, Pride (In the Name of Love). Apakah Archie berhasil menjawab tantangan untuk tampil dengan sedikit lebih nge-beat? Yes he is!

Archie pun tak lupa menyisipkan sebuah lagu orisinial dalam album Begin. Dan ini dia! Inilah Archie yang kita kenal. Lagu balada menggugah dengan penghayatan yang prima serta kualitas vokal yang terjaga bisa ditemui dalam single terbarunya yang berjudul Broken. Istimewanya lagi, Broken ditulis langsung oleh Archie. ini merupakan suatu kejutan besar yang telah disiapkan olehnya di dalam album ini. Melantun lembut di nada-nada rendah dan melengking dengan penuh perasaan pada nada-nada tinggi, Broken memang menjadi ajang unjuk vokal bagi Archie.

Album ditutup dengan sebuah lagu lembut, sentimentil dan manis berjudul Be Still, My Soul milik Jean Sibelius. Adapun lagu Be Still My Soul ini sendiri merupakan hymn Finlandia. Sebuah penutup yang sempurna untuk album yang sangat mengesankan. Setelah menyimak albumnya, kita dapat menarik kesimpulan jika Begin adalah album yang istimewa dan inspirasional. Dan tentu saja ia dianugerahi dengan materi yang memang bagus. Namun, ia juga memiliki David Archuleta sebagai penyanyinya. Dengan penjiwaan yang mumpuni Archie cukup sukses dalam menjalan tugasnya sebagai penyanyi “daur ulang”.

Melalui situs resminya, penyanyi yang saat ini bernaung bersama label Shadow Mountain Records ini mengakui banyak hal yang dia dapat lakukan dalam album ini meski tidak memiliki waktu yang banyak, tetapi dia ingin penggemarnya tahu seberapa berartinya album ini baginya. Juga lagu-lagu di dalam album ini memiliki alasannya masing-masing.

Sejauh ini, album ini sudah banyak mendapatkan prestasi di dunia musik, khususnya di Amerika Serikat, diantaranya #28 U.S Billboard 200 ( 15 Agustus 2012 ), #5 Billboard Independence Album ( 15 Agustus 2012 ), #3 U.S Billboard Internet Album ( 15 Agustus 2012 ), #13 iTunes Album ( 7 Agustus 2012 ), #1 DeseretBook online, #6 Walmart, #2 Amazon.com Adult Contemporary Album.

Album David Archuleta yang bertajuk Begin ini sudah dirilis di Indonesia pada akhir bulan September 2012 lalu oleh Sony Music Indonesia dengan harga 85.000 (Delapan puluh lima ribu Rupiah).

Tentu saja ini bukan album yang sempurna. Archie pun mungkin bukan penyanyi terbaik di generasinya, namun jelas ia termasuk sedikit yang istimewa. Dan Begin membuktikan itu. Semoga saja, sekembalinya dari hiatus panjang, ia akan kembali dengan album orisinil dengan kekuatan yang sebenarnya, seperti yang ditunjukkanya di album ini.

TRACKLIST
1. “Beautiful” (Christina Aguilera) 3:59
2. “Somewhere Only We Know” (Keane) 3:52
3. “Everybody Hurts” (R.E.M.) 4:53
4. “Don’t Give Up” (featuring Libbie Linton) (Peter Gabriel & Kate Bush) 5:35
5. “Angel” (Sarah McLachlan) 4:37
6. “Bridge over Troubled Water” (Simon & Garfunkel) 5:06
7. “Broken” (David Archuleta) 4:29
8. “True Colors” (Cyndi Lauper) 3:39
9. “Pride (In the Name of Love)” (U2) 3:52
10. “Be Still, My Soul” (Jean Sibelius) 4:59


Ok, mungkin cuma itu saja yang bisa aku sampaikan kali ini. Seperti biasa, jika ada kekurangan mohon dimaafkan, dan jika ada kelebihan mohon dikembalikan ~lolololol~. Yup, sekian dan terima kasih. I’ll see you arround! ;) xx

Wassalamualaikum wr. wb


 

 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar